Jumat, 27 Agustus 2010

Cara Instal Windows XP di Notebook HP Compaq V3000 Series

Sebenarnya sudah lama mau posting tentang bagaimana cara instal windows Xp di Notebook merk Hp Compaq V3000, berhubung saya belum ada minat buat mengedit blog jadi saya males buat posting ini, setelah saya liat temen² gua dikampus banyak yang mempunyai NB merk ini n selalu mendapatkan kesulitan buat menginstal jadi saya putuskan untuk mengedit dan memposting blog ini. Sebelumnya saya jelaskan dulu Hp compaq V3000 series ini di desain memang untuk windows Vista atau windows untuk yang sekarang di paket pembelian hanya mendapatkan cd driver for windows Vista, Hp Compaq ini memang sangat membingungkan dari seri nya tertulis V3000, di bios dan driver biasanya berbeda, misal V3660, V3500, V3736 dan lain-lain, tapi intinya masih versi 3000 yang membedakan hanya Processor dan ada tidaknya webcam.
neh NB type ini gak ada pilihan disable HD menjadi IDE sehingga CD windows XP gak akan dikenali pada saat booting kecuali CD sudah di isi windows.

Ok cukpu mpe sini gua ngomong panjang.. nih gua jelasin caranya :
a. Bahan atau software yang dibutuhkan :
1. nLite
2. Sata Raid HP Compaq

b. Cara Pakeknya :
Ikuti petunjuk N-lite sampai muncul pilihan tentukan patch installer Windows XP yang anda miliki, Karena Notebook saya axioo jadi gua coba pake Notebook saya.. tapi work juga kok untuk compaq sekarang pilih lokasi misalnya di D:\winxp-patch. Kemudian klik Next
N-lite akan mendeteksi installer Windows XP anda. Jika tidak ada masalah maka akan muncul informasi tentang installer yang anda gunakan. Kemudian klik Next.
Anda cukup memilih drivers dan bootable ISO. Namun anda juga dapat memilih task yang lain sesuai keinginan dan kebutuhan anda. Kemudian klik Next.
Proses selanjutnya adalah menentukan dimana lokasi driver SATA yang sudah kita siapkan (sesuaikan dengan driver SATA pada notebook/desktop yang akan anda install).

Untuk memasukkan driver, anda cukup meng-klik button Insert. Anda akan ditanya apakah anda akan memasukkan hanya 1 file driver saja atau banyak driver. Dalam tulisan ini saya mengambil multiple drivers. Setelah anda memilih single driver atau multiple drivers, anda akan diminta untuk menentukan lokasi driver yang bersangkutan. Tentukan lokasi driver SATA anda, kemudian klik OK.

Setelah proses penentuan lokasi driver tadi, anda akan dihadapkan pada banyak pilihan driver SATA. Silahkan sesuaikan dengan jenis SATA anda. Jika anda tidak yakin yang mana, anda bisa memilih semua driver yang ditampilkan. Kemudian klik Next.

N-lite akan memproses semua perubahan task yang anda inginkan. Setelah proses selesai, N-lite akan menampilkan informasi terbaru dari installer Windows XP anda setelah ditambah drivers. Kemudian klik Next.
Proses terakhir, installer Windows XP plus Driver SATA anda siap untuk disimpan menjadi ISO file atau anda juga bisa langsung melakukan proses burning ke CD. Ingat, pilihan ini hanya akan muncul jika anda memilih bootable ISO pada proses pemilihan task sebelumnya.
  • Tunggu sampai proses burning selesai.
  • Burning lah dengan software Nero atau yg sejenisnya
  • Sekarang anda dapat melakukan installasi Windows XP pada drive SATA anda menggunakan installer yang baru anda burning.

Selamat mencoba, semoga sukses.

1 komentar:

  1. driver sata untuk compaq v3000 mana bosssssssssssss

    BalasHapus